Selasa, 01 Juni 2010

BAB I : Pendahuluan

Keadaan jaringan dalam sebuah lembaga perkantoran atau badan bisnis tertentu kini telah menjadi sebuah kebutuhan mendasar. Dengan keberadaan jaringan komputer, aneka sumberdaya yang tersedia dalam lembaga tersebut akan bisa dibagi pakai untuk menghemat dana dan waktu.

Di blog ini., saya akan membantu sobat blogger's bagaimana cara soblog (sobat blogger's) bisa menghubungkan komputer-komputer lokal baik berbasis kabel atau nirkabel. Konsep ini dikenal dengan istilah Local Area Network ( LAN ). LAN ini biasanya dipakai untuk membagi pakai sebuah perangkat atau sumberdaya ( printer,folder/drive,koneksi internet ), sehingga bisa dipakai bersama-sama oleh para pengguna LAN.
Keuntungan memakai konsep ini dalam perusahaan atau instansi dan lembaga-lembaga lainnya tentu saja sangat menguntungkan dari segi biaya. Dengan menggunakan konsep LAN hanya menggunakan satu buah printer saja seolah-olah client menggunakan printer langsung terhubung ke komputernya, padahal printernya dihubungkan melalui server jadi di dalam suatu perusahaan atau instansi disetiap masing-masing meja kerjanya tidak harus ada printer jika komputernya sudah terhubung dalam jaringan LAN.
Jaringan
Dalam membangun sebuah jaringan perlu kita perhatikan tiga aspek yaitu topologi, protokol dan arsitektur. Topologi itu lebih mengarah pada pengaturan geometris. Ada beberapa jenis topologi, antara lain bus, ring, star. Protokol ialah aturan-aturan yang digunakan oleh komputer untuk berkomunikasi dalam jaringan. Arsitektur mengacu pada ada atau tidaknya server dalam jaringan. Hal ini mengacu kepada penggunaan jaringan peer to peer atau penggunaan server untuk mengatur pemakaian sumberdaya jaringan. Model ini biasanya diterapkan di rumah, karena konfigurasi jaringan peer to peer tidak ada server yang dipakai.

Beberapa protokol yang biasa dipakai dalm jaringan LAN antara lain TCP/IP, IPX/SPX, dan Appletalk. Saat ini TCP/IP adalah protokol yang sangat populer saat ini, TCP/IP kependekan dari Transfer Control Protocol/Internet Protocol. Tugas TCP/IP ini adalah sebagai pengatur pengiriman paket data dan mengawasi pengiriman paket data agar sampai ke tujuan dengan selamat. Jika paket data yang dikirimkan mengalami kegagalan atau kerusakan, maka TCP/IP akan mengirim ulang paket data tersebut.

Jadi untuk mengirim paket data maka dibutuh kan suatu alamat, ilustrasinya kalau kita mengirim surat atau paket tentunya kita menuliskan alamat tujuan pengiriman pada surat atau paket tersebut. Sama halnya dengan komputer yang terhubung dalam jaringan LAN, jika komputer A ingin mengirim paket data ke komputer B tentu saja dibutuh kan sebuah alamat, masalah pengalamatan IP yang akan mengurus semuanya. Jadi setiap komputer akan memiliki alamat IP yang berbeda atau unik setiap komputer yang terhubung dalam jaringan. Jika ada alamat IP yang sama biasanya (kalau menggunakan Windows) akan menampilkan pesan bahwa ada bentrok antara alamat IP komputer yang kita pakai dengan komputer lain.

IANA (Internet Assigned Numbers Authority) sudah menerapkan alamat internal khusus untuk jaringan LAN, yaitu kelompok alamat 10.x.x.x, 172.16x.x, dan kelompok 192.168.x.x. Huruf x dapat diisi oleh angka yang bernilai antara 1 sampai 254. Untuk LAN kecil, biasanya dipakai kelompok alamat 192.168.x.x. Jadi kita bisa menggunakan alamat 192.168.0.1 untuk alamat IP server, 192.168.0.2 untuk client pertama, 192.168.0.3 dan seterusnya menyesuaikan jumlah komputer yang terhubung dalam jaringan LAN.

Topologo Bus
Topologi Star

Topologi Ring


SILAHKAN KLIK...!!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar